Posted by: eksmunsa01 | September 3, 2008

Tanya Jawab Finansial

T : aku ingin masuk ke pasar saham ma reksadana, kira2 enaknya ambil apa ya? sebenarnya ingin beli adaro yang katanya harganya awal 590 kl enggak salah, tapi masih ragu2, sekarang nyesel deh, kalo tau harganya lebih dari 1000 berapa gitu yang jelas naik 57% kl enggak salah. kira2 dana minimal buat inves itu berapa ya? ambil saham apa?

Y : penawaran awal ADARO itu 1200 sekarang harganya kalo gak salah 1680 jadi naik sekitar 50% lebih memang. Beli saham itu gak gampang, gak kayak beli barang gitu
1. Untuk jual beli saham kita harus punya rekening kustodian di bursa efek, nah untuk dapet rekening itu kita harus ke perusahaan sekuritas dulu. a.l. mandiri sekuritas, trimegah, danareksa, dll
2. Register awal itu bervariasi antara 20 – 50 juta tergantung perusahaan sekuritasnya. Mungkin bisa ditanyain langsung ke perusahaan sekuritas terdekat.
3. Modalnya cukup besar itu kalo buat aku, dan lebih baik kalo kita bisa memantau setiap saat, karena setiap detik pun harga saham dapat berubah2.
4. Kalo mau praktis coba aja ikut e-trading securities, itu sekuritas online yang kita bisa jual n beli melalui komputer yang online dengan internet. Jadi kita dapat memantau setiap saat dan setiap waktu.
5. Nah komisi sekuritas itu diambil setiap kita beli dan jual saham

ILUSTRASI :
1. Aku ikut Mandiri Sekuritas, modal awal Rp. 50 Juta
2. Ada Penawaran saham X dengan harga Rp. 1000/lembar
3. Pembelian minimal 1 lot = 500 lembar
4. Aku beli 5 lot = 2500 lembar
5. Jadi aku harus bayar 2500 * 1000 = Rp. 2.500.000,-
6. Ada fee buat sekuritas 0.1%, jadi 0.1% * 2,5 juta = Rp. 2.500
7. Total – Rp. 2.502.500,- memotong modal awal yang Rp. 50 juta
8. Misal 1 bulan kemudian, harga saham = Rp. 6000/lembar
9. Terus kita mau jual, maka keuntungan yang kita dapat = Rp.1000 * 2500 lembar = 2,5 Juta
10. Tapi untuk penjualan juga ada fee juga misal 0.1% lagi
11. Tapi ada kemungkinan untuk harga saham tersebut turun jadi Rp 500/lembar, jadi kita rugi 2.5 juta

Karena saham ADARO ini termasuk saham energi yaitu batubara, dan sesuai dengan harganya di pasar internasional yang meningkat seiring kenaikan harga minyak bumi. Maka harganya memang meingkat drastis, tapi ya terkadang isu kenaikan itu hanya permainan para pialang untuk mendapatkan keuntungan sesaat.

S : Klo ga salah, kemaren pas Adaro IPO, oversuscribed sampai 3X. Jadi agak susah buat mendapatkan saham Adaro Pake sistem siapa cepat dia dapat gitu deh. Kalo beli saham pas IPO, bisa untung, bisa rugi. Untung, kalo pas kaya Adaro kemaren. Kok bisa rugi ? Kalo sahamnya digoreng sama bandar, terutama kalo kapitalisasinya kecil, shg gampang digoreng. Kalo ga salah IPO adaro sendiri masih menyisakan masalah, dia diduga melakukan transfer pricing. Kalo ini terbukti di pengadilan, sahamnya bisa jatuh.
T : terus enaknya main jangka panjang atau pendek? aku jg masih pemula hehehe.

J : Jangka panjang atau jangka pendek itu terserah investor ybs. Kalo saat ini memang pasar saham sedang jatuh karena krisis di Amerika, sehingga secara tidak langsung imbasnya pasar saham di Indonesia juga terkena.
Kalo sesuai buku2 yang aku baca, lebih baik kalo investasi di saham itu Jangka Panjang, apabila kita tidak fokus. Alias masih bekerja di tempat lain, karena pergerakan harganya liar sekali. Jangka panjang itu minimal 5 tahun lho, karena sesuai dengan grafik rata2 setelah 5 tahun memang kecenderungannya naik.

T : gimana kalo enggak usah pakai sistim asuransi aja deh, askesku dah lumayan ok tuh, jamsostek jg ada.

J : Sistem asuransi adanya itu pada BANCASSURANCE (Unit Link) Asuransi+Investasi. Kalo mau yang cuma investasi ya beli reksadana aja atau maen saham langsung, atau jenis2 investasi lain.
Tapi kalo dengan adanya unit link ini kalo ada apa2 misal meninggal, maka hasil yang didapatkan ahli waris akan semakin besar. Soalnya kalo Askes sama Jamsostek kan standar aja. (Karena aku juga di BUMN).

T : terus di bank mandiri ada saham apa aja yang dijual ke publik?

J : Bank sesuai dengan PBI (Peraturan Bank Indonesia) tidak diperbolehkan jual beli saham, karena ada sekuritas berbeda dengan di luar negeri dimana bank juga boleh sebagai perusahaan investasi. Cuma kita boleh sebagai PEMASAR bukan PEMBUAT produk reksadana. Ada banyak seperti :
1. Reksadana Pasar Uang
2. Reksadana Pendapatan Tetap (Berbasis Obligasi)
3. Rekasadan Saham
4. Reksadana Campuran
Kalo rencana IPO (Initial Public Offering) atau Penjualan Saham Perdana ke pasar silakan baca di Tabloid Bisnis Indonesia atau KONTAN kalo saham saat ini yang bagus sekotr Agriculture dan Pertambangan/Energi

T : btw aku lihat saham2 di amerika dan eropa sekarang sedang rontok, ginana saham fortis, scolder atau yang yang lain ya?

J : Saham di luar emang lagi krisis karena subprime mortgage di AS (Kredit Perumahan 2nd liner yang bermasalah) banyak lembaga keuangan yang pegang surat utang ini kemudian drop, termasuk CITI, LEHMAN, WACHOVIA, dll.
Saham FORTIS aku kurang tau, kalo SCOLDER aku baru denger taunya SCHRODER itu merupakan lembaga kuangan di dunia yang ikut merugi karena krisis Subprime Mortgage. Setauku kita nggak bisa beli saham
tsb. kecuali sekuritas yang kita ikuti itu online.

Mod Note : Jawaban oleh Yudhisti (Y) dan Syafiq (S)


Responses

  1. @ Matthew
    Hati2 kalau mau maen saham, musti kuat mental and jantung brooo.. aku dah ikutan 2 th d AXA punya bank mandiri belum dapet profit dah kena dampak krisis amrik, sekarang tinggal 200jt pdhal dulu masukin 300jt…

    Bener Mas Matthew, memang saat ini yang maen saham maupun produk turunannya sedang sport jantung. Tapi ya itulah investasi ada resikonya.
    Mengenai axa mandiri sudah dijelaskan di
    https://eksmunsa01.wordpress.com/2008/09/03/axa-mandiri/

    Memang sebagian dari setoran dimasukkan ke pembelian premi bukan 100% investasi seperti di saham maupun reksadana

    Jangan panik, kalau memang belum membutuhkan uang tunai saat ini silakan ditunggu sampai bursa membaik.

    Salam

  2. @ I Wayan

    Setahu saya tidak ada ketentuan setelah sekian tahun Axa Mandiri baru boleh ditarik, bahkan baru 1 minggu pun sudah boleh.

    Cuma karena karakteristiknya bancassurance jadi tidak seluruhnya diinvestasikan ada sebagian yang masuk asuransi.
    Nah kesannya kalo kita narik sebelum 5 tahun kita rugi padahal tidak begitu karena memang sebagian yang kita bayarkan kan untuk membeli premi asuransinya.

    untuk lebih jelasnya silakan klik link
    https://eksmunsa01.wordpress.com/2008/09/03/axa-mandiri/

    atau di sebelah kanan Axa Mandiri

  3. @ Mas Bayu

    Maaf baru bales,
    investasi di Unit Link (Bancassurance) seperti Axa Mandiri maupun Prudential dan Reksadana sebaiknya untuk jangka panjang lebih dari 5 tahun

    Karena memang dalam jangka pendek fluktuasi pergerakannya relatif besar turun dan naik

    Kalo saat ini mungkin sudah turun 50%, walau begitu jangan panik. Saat ini kondisi fundamental Indonesia masih bagus, hanya karena krisis menerpa AS yang merupakan acuan ekonomi dunia jadi memang bursa kita terjun bebas.

    Biarkan saja investasi yang ada minimal 4 tahun lagi, tapi untuk menambah sebaiknya tunggu dulu taruh di deposito atau tabungan sementara sampai memang ada tanda2 positif di perekonomian.

    Semoga membantu

    terima kasih kembali

  4. Serius Mas ?? krn setahun yg lalu aku jg ikut AXA Mandiri dan AXA Financial Indonesia, jatuhnya kira2 brp persen Mas dr kita masukin dulu? Dan saran Mas lebih baik dana yg ada di tarik atau kita tunggu smp bbrp thn ke depan ??

    bayu_amnesiaboy@yahoo.co.id

  5. saya punya axa mandiri sudah lama -/+3 tahun apakah boleh ditarik , kemudian rencananya dialihkan ke reksadana, mohon pen jelasan.

  6. Hati2 kalau mau maen saham, musti kuat mental and jantung brooo.. aku dah ikutan 2 th d AXA punya bank mandiri belum dapet profit dah kena dampak krisis amrik, sekarang tinggal 200jt pdhal dulu masukin 300jt…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: